Sistem Informasi Corporate Social Responsibility

Pendekatan Desain Thinking pada Perancangan Desain Antarmuka

  • Intan Dzikria Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Mirza Azzahra Kisworo
Keywords: design thinking, corporate social responsibility, antarmuka pengguna, pengalaman pengguna

Abstract

Perusahaan saat ini dihadapkan pada tuntutan untuk menjalankan tanggung jawab sosial dan lingkungan secara lebih aktif guna menciptakan nilai berkelanjutan. Corporate Social Responsibility (CSR) menjadi bagian integral dari praktik tata kelola perusahaan yang baik (good corporate governance), sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007. Namun, implementasi CSR sering kali masih bersifat formalitas, tanpa integrasi dalam proses bisnis dan minim partisipasi pemangku kepentingan. Penelitian ini bertujuan untuk merancang antarmuka dan pengalaman pengguna sistem informasi CSR perusahaan menggunakan pendekatan design thinking. Metode ini menekankan pemahaman mendalam terhadap kebutuhan pengguna melalui lima tahap iteratif. Dengan pendekatan ini, diharapkan sistem informasi CSR yang dikembangkan dapat meningkatkan keterlibatan pemangku kepentingan, mendorong transparansi, serta memperkuat dampak sosial dan lingkungan secara berkelanjutan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2025-07-24
How to Cite
Dzikria, I., & Kisworo, M. (2025, July 24). Sistem Informasi Corporate Social Responsibility. PROSIDING SEMINAR NASIONAL SAINS DATA, 5(1), 464-471. https://doi.org/https://doi.org/10.33005/senada.v5i1.442