Pengaruh Sosial Ekonomi dan Non-Akademik Terhadap Prestasi Akademik Menggunakan Structural Equation Modeling
Abstract
Pendidikan memiliki peran krusial dalam membentuk sumber daya manusia yang kompetitif, khususnya dalam konteks globalisasi. Prestasi akademik sering dijadikan indikator keberhasilan pendidikan, namun pencapaiannya tidak hanya ditentukan oleh faktor kognitif. Faktor eksternal seperti status sosial ekonomi dan keterlibatan aktivitas non-akademik turut memengaruhi capaian siswa. Meski telah banyak penelitian yang mengkaji keduanya secara terpisah, studi yang menganalisis dampak dari kedua faktor ini masih terbatas. Penelitian ini menggunakan Confirmatory Factor Analysis (CFA) dan Structural Equation Modeling (SEM) untuk menganalisis pengaruh sosial ekonomi dan aktivitas non-akademik terhadap prestasi akademik. Hasil CFA menunjukkan kecocokan model yang baik, sementara SEM menunjukkan bahwa aktivitas non-akademik memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi akademik, sedangkan sosial ekonomi menunjukkan pengaruh negatif signifikan. Model secara keseluruhan menunjukkan kecocokan yang memadai (CFI = 0.911, RMSEA = 0.067). Penelitian ini menekankan pentingnya mendukung keterlibatan siswa dalam aktivitas non-akademik sebagai upaya peningkatan prestasi, bahkan lebih kuat dibandingkan pengaruh latar belakang sosial ekonomi.