Dashboard Analytic sebagai Media untuk Meningkatkan Performa SMP Hangtuah 4 Surabaya
Abstract
Pendidikan membimbing seseorang untuk memperoleh pengetahuan yang bermanfaat bagi sekitarnya. Menurut Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003, setiap warga negara berhak mendapatkan pendidikan bermutu. Di SMP Hangtuah 4 Surabaya, pengolahan data akademik masih dilakukan secara manual, menyebabkan proses pengambilan keputusan dan monitoring data lambat. Proposal ini menawarkan solusi untuk meningkatkan efisiensi pengelolaan data akademik melalui dua langkah utama. Pertama, implementasi Nine-Step Methodology oleh Ralph Kimball, melibatkan proses ETL (Extract, Transform, Load) untuk membuat dimensi dan tabel fakta sebagai dasar pembuatan dashboard. Kedua, pembuatan dashboard interaktif dengan visualisasi data untuk menganalisis kinerja guru, siswa, jadwal mengajar, dan distribusi nilai siswa. Dashboard ini dirancang untuk memantau kondisi dan memfasilitasi pemahaman pengguna, membantu mengidentifikasi tren, pola, dan anomali dalam data. Data yang digunakan adalah data kuantitatif dari SMP Hangtuah 4 Surabaya, mencakup biodata siswa, biodata guru, jadwal mata pelajaran, dan nilai siswa. Metode perancangan sistem yang digunakan adalah metode waterfall, mulai dari analisis kebutuhan informasi hingga pengujian dashboard. Dengan implementasi metodologi dan pembuatan dashboard yang diusulkan, diharapkan pengolahan data menjadi lebih cepat, akurat, dan mudah dipahami, sehingga meningkatkan efisiensi dan efektivitas pengelolaan data akademik di SMP Hangtuah 4 Surabaya, memungkinkan pengambilan keputusan yang lebih tepat dan strategi peningkatan performa siswa.