Penerapan BERT untuk Klasifikasi Aspek dalam Media Massa Otomotif Indonesia

  • Zahra Tifani Apriliana Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Taufik Edy Sutanto Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
Keywords: Aspek Otomotif, BERT, Industri Otomotif, Media Massa

Abstract

Peluang besar pasar industri otomotif di Indonesia tercermin dari peningkatan penjualan kendaraan sebesar 5,7% pada Maret 2024. Dalam era digital ini, media massa menjadi salah satu alat utama bagi perusahaan otomotif untuk memasarkan kendaraan dan mengoptimalkan penjualan. Untuk mengoptimalkan penjualan, penelitian mengenai aspek-aspek otomotif yang populer baik di perusahaan kita maupun kompetitor sangat diperlukan. Penelitian ini menggunakan data dari beberapa media massa dari Januari hingga Juli 2023 dengan total sebanyak 14.654 data. Metode penelitian yang digunakan yaitu Bidirectional Encoder Representations from Transformers dengan hasil akurasi mencapai 77%. Dalam penelitian ini, kami mengklasifikasikan enam aspek dalam industri otomotif. Berdasarkan hasil penelitian, aspek yang paling sering muncul adalah aspek ramah lingkungan dan keselamatan. Lima merek otomotif teratas menunjukkan frekuensi kemunculan aspek yang berbeda-beda.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-10-08
How to Cite
Apriliana, Z., & Sutanto, T. (2024, October 8). Penerapan BERT untuk Klasifikasi Aspek dalam Media Massa Otomotif Indonesia. PROSIDING SEMINAR NASIONAL SAINS DATA, 4(1), 708-722. https://doi.org/https://doi.org/10.33005/senada.v4i1.313