Tren Sentimen Media Sosial terhadap Merek Mobil Terlaris di Indonesia Menggunakan BERT

  • Rizqi Maulidi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Taufik Edy Sutanto Universitas Islam Negeri Syarif Hidaytullah Jakarta
Keywords: Analisis Sentimen, BERT, Industri Otomotif, Media Sosial, Merek Mobil Terlaris

Abstract

Penggunaan mobil sebagai alat transportasi masih menjadi pilihan utama bagi sebagian besar warga Indonesia. Media sosial sebagai tempat masyarakat menyampaikan opini dapat menjadi sumber evaluasi berharga bagi produsen mobil untuk melakukan analisis sentimen. Penelitian ini menganalisis sentimen dari media sosial seperti Facebook, X (Twitter), YouTube, LinkedIn, Tiktok, dan Instagram. Studi ini memfokuskan pada lima merek mobil terlaris di Indonesia pada tahun 2023 dengan data dari Januari 2023 hingga April 2024 menggunakan model BERT. Hasil prediksi sentimen menunjukkan rata-rata akurasi 87,33% dan F1-Score 87,52%. Toyota dengan penjualan terlaris, menunjukkan kenaikan sentimen positif dan negatif dari Januari 2023 hingga April 2023. Daihatsu menunjukkan konsistensi sentimen positif dan penurunan sentimen negatif sejak Maret 2023. Honda mengalami peningkatan sentimen positif dari Januari 2023 hingga Mei 2023 dan penurunan sentimen negatif sejak Maret 2023. Mitsubishi hanya mengalami peningkatan sentimen positif dari Januari 2023 hingga April 2023 dan penurunan tidak konstan pada sentimen negatif sejak Januari 2023. Suzuki mengalami peningkatan sentimen positif dari Februari hingga Maret 2023, sementara sentimen negatif cenderung jauh lebih rendah dibandingkan merek lainnya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-10-08
How to Cite
Maulidi, R., & Sutanto, T. (2024, October 8). Tren Sentimen Media Sosial terhadap Merek Mobil Terlaris di Indonesia Menggunakan BERT. PROSIDING SEMINAR NASIONAL SAINS DATA, 4(1), 700-707. https://doi.org/https://doi.org/10.33005/senada.v4i1.311