Klasifikasi Produk Otomotif di Lokapasar Indonesia Menggunakan Model BERT

  • Rifaldi Achmad Faisal Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
Keywords: BERT, Klasifikasi Produk, Lokapasar, Otomotif

Abstract

Penggunaan kendaraan pribadi, khususnya mobil, semakin meningkat seiring dengan perkembangan industri otomotif. Peningkatan ini didukung oleh meluasnya perkembangan toko daring berbasis otomotif oleh UMKM dan merek otomotif ternama di dunia. Oleh karena itu, menarik untuk melakukan klasifikasi berdasarkan jenis produk. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan klasifikasi kategori menggunakan data produk penjualan pada lokapasar seperti Tokopedia, Shopee, Blibli, Lazada, dan Bukalapak. Data diambil berdasarkan judul produk dan kata kunci daftar pencarian di platform lokapasar pada bulan Januari dan Februari 2023. Metode klasifikasi yang digunakan adalah BERT (Bidirectional Encoder Representations from Transformers). Penelitian ini mengkategorikan sebanyak 6 kategori jenis produk. Berdasarkan hasil penelitian, kategori jenis produk terbanyak adalah suku cadang mobil. Pengujian menggunakan model BERT menghasilkan akurasi sebesar 90.83%. Dengan melakukan pengklasifikasian kategori otomotif pada beberapa lokapasar menggunakan metode seperti BERT, penelitian ini diharapkan dapat membantu untuk lebih menyesuaikan produk pada kategori yang relevan dengan lebih akurat.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-10-08
How to Cite
Faisal, R. (2024, October 8). Klasifikasi Produk Otomotif di Lokapasar Indonesia Menggunakan Model BERT. PROSIDING SEMINAR NASIONAL SAINS DATA, 4(1), 690-699. https://doi.org/https://doi.org/10.33005/senada.v4i1.308