Metode Fuzzy AHP untuk Menentukan Indikator UMKM Menghadapi Pandemi Covid-19
Abstract
Adanya pandemi Coronavirus-19 menyebabkan pemerintah melakukan kebijakan PPKM dan social distance. Akibat dari pemberlakuan kebijakan ini, UMKM mengalami banyak penurunan, terutama berkaitan dengan produksi, pemasaran, dan tenaga kerja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi indikator apa saja yang berpengaruh terhadap UMKM dalam menghadapi Covid-19 dan industri 4.0. Permasalahan dari penelitian ini adalah banyaknya UMKM yang ada di Bangkalan madura, pelaku UMKM juga banyak yang belum mengetahui pemasaran online, marketplace, dan kurangnya pengetahuan teknologi untuk mempercepat produksi dan pemasaran. Dalam penelitian ini menggunakan metode Fuzzy AHP, metode ini digunakan untuk menentukan indikator yang paling berpengaruh terhadap keberlangsungan UMKM menghadapi pandemi Covid-19. Berdasarkan hasil penekitian, indikator yang berpengaruh terhadap pandemi Covid-19 dan industri 4.0. yaitu marketplace dan pemasaran online.