Artikel Analisis Kesamaan Rata-rata Indeks Harga Konsumen (IHK) Menurut Kelompok dan Sub Kelompok pada Kelompok dan Sub Kelompok 1 Makanan, Minuman, dan Tembakau dengan Kelompok dan Sub Kelompok 9 Pendidikan
Abstract
Indeks Harga Konsumen (IHK) adalah salah satu indikator untuk mengukur tingkat inflasi dalam suatu negara atau wilayah. Menurut Badan Pusat Statistik (BPS), Indeks Harga Konsumen (IHK) digunakan untuk menghitung perubahan harga rata-rata selama periode waktu tertentu dari kumpulan barang dan jasa yang digunakan oleh penduduk dan rumah tangga selama periode waktu tertentu. IHK biasanya memberikan informasi tentang tren harga untuk sekelompok barang atau jasa yang dikonsumsi oleh rumah tangga pada suatu titik waktu tertentu. Kenaikan IHK pada sub kelompok makanan akan berdampak pada kenaikan harga-harga makanan secara signifikan. Ini nantinya akan berpengaruh pada kenaikan biaya hidup. Lalu pendidikan merupakan pondasi penting dalam membangun masyarakat yang memiliki pengetahuan yang tinggi. Selanjutnya dilakukan perbandingan rata-rata antara IHK pada sub kelompok makanan dan sub kelompok pendidikan. Untuk menghasilkan hasil yang terbaik, maka menggunakan metode Uji Mean Dua Populasi. Pada bagian hasil, dapat disimpulkan bahwa Indeks Harga Konsumen (IHK) pada sektor makanan dan pendidikan memiliki rata-rata yang berbeda yang berarti tingkat inflasi pada kedua sektor tersebut berbeda.